Belajar Rumus Microsoft Excel Lengkap Dengan Contoh dan Gambar
Jika Anda sering menggunakan aplikasi Microsoft Excel baik yang 2003, 2007
maupun yang versi terbaru, maka pasti Anda sudah tidak asing lagi menggunakan
rumus-rumus Microsoft Excel yang ada dalam aplikasi tersebut. Nah sekarang
pertanyaannya adalah bagaimana jika Saya seorang pemula?, bagaimana jika Saya
masih belum pernah Belajar
Komputer?, bagaimana jika Saya masih
belum tau sama sekali membuka aplikasi pengolahan data Microsoft Excel seperti
yang akan dijelaskan sekarang ini.? Tidak perlu khawatir kawan, sekarang Anda
juga akan bisa mengaplikasikan rumus-rumus dalam Microsoft Excel karena panduan Belajar Microsoft Excel ini
disertai dengan contoh dan gambar yang akan memudahkan Anda untuk mempraktekkannya. Baiklah tanpa harus
panjang lebar, sekarang langsung Kita masuk ke materi pembahasan mengenai rumus
Microsoft Excel, simak dengan baik ya kawan.
Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau
formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akaen memudahkan
Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau
rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan
kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat
beragam fungsinya.
Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu
Anda harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan
rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi
dasarnya, Saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan
kebutuhan data Anda.
Cara
Menulis Rumus Excel
Sebelum mengenal rumus-rumus excel 2007, hal pertama yang perlu Anda
ketahui adalah bagaimana menuliskan rumus excel agar bisa benar.
Cara 1:
Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
- Letakkan penunjuk
sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
- Pada formula bar,
ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini
cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
Cara 2:
Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
- Letakkan penunjuk
sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan
- Pada formula bar,
ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.
Note : Menulis rumus dengan cara ini
sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.
Cara 3:
Menulis rumus dengan bantuan mouse
- Letakkan penunjuk
sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
- Ketikkan = ,
kemudian pilih dan klik sel C4
- Ketik +, kemudian
pilih dan klik sel C5
- Tekan tombol
enter
Note : Menulis rumus dengan cara ini
sangat dianjurkan karena memperkecil kemungkinan salah ketik alamat sel.
Nah... bagaimana mudah bukan cara menuliskan rumus excel, jika Anda sudah
mahir dalam menuliskannya sekarang mari Kita lanjutkan pembahasannya.
Operator Matematika yang Sering Digunakan
(Rumus Dasar)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Excel ini, karena setiap
tabel dan dokumen yang Kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan
fungsi. MS Excel memang sangat diunggulkan dalam menampung data-data yang
bersifat numerik. Maka dari itu, di dalam MS Excel pun terdapat Operator dasar
Matematika dan ini biasanya disebut sebagai rumus standar. Operator matematika
yang akan sering digunakan dalam Rumus Microsoft Excel adalah sebagai berikut:
No
|
Operator
|
Fungsi
|
Contoh Penggunaan
|
1
|
+ (ikon plus)
|
Penjumlahan
|
=A1+A2
|
2
|
- (ikon minus)
|
Pengurangan
|
=A3-A4
|
3
|
* (ikon bintang)
|
Perkalian
|
=A5*A6
|
4
|
/ (ikon garis miring)
|
Pembagian
|
=A7/A8
|
5
|
^ (ikon caret)
|
Pangkat
|
=A9^2 (angka berapapun yang berada di
cell A9 akan dipangkat 2
|
6
|
% (ikon persen)
|
Prosentase
|
=A1*10% (gunakan sesuai dengan
kebutuhan)
|
Tabel Operator Matematika (Rumus Dasar Excel)
Tidak usah bingung, sekarang perhatikan gambar tabel yang ada dibawah ini.
Penjelasan
Gambar Tabel Diatas :
- Mengisi
Kolom Diskon
Untuk mengisi kolom diskon
berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.
- Klik pada kolom
yang akan diisikan Diskon Rp.(pada
contoh ini sel yang akan digunakan adalah G6, silahkan aktifkan kolom G6)
- Awali dengan
menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan
operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
- Kalikan kolom E6
dengan F6 untuk mengetahui hasil persennya, bentuk penulisannya
adalah =E6*F6
- Kemudian tekan
enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat angka 30,000 pada
kolom G6 tadi (30,000 adalah 20% dari 150,000)
- Untuk menghitung
rumus Diskon Rp. selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada
rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom G15.
Tips :
Anda bisa langsung klik kolom yang akan dikalikan tanpa harus susah payah
mengetik kolom yang akan dihitung satu persatu.
- Mengisi
Total Bayar
Nah setelah selesai mengisi
kolom Diskon Rp. sekarang lanjutkan dengan mengisi kolom Total Biaya.
- Klik pada kolom
yang akan diisikan Total Bayar(pada
contoh ini sel yang akan digunakan adalah H6, silahkan aktifkan kolom H6)
- Awali dengan
menuliskan "=" (setiap rumus excel harus diawali menggunakan
operator = tanpa tanda kutip agar dikenali sebagai fungsi)
- Pada kolom H6
Kurangkan kolom Biaya (E6) dengan kolom Diskon Rp. (G6) untuk
mengetahui hasil pengurangannya, bentuk penulisannya adalah =E6-G6
- Kemudian tekan
enter untuk mengetahui hasilnya, maka akan didapat hasil 120,000 pada
kolom Total Bayar yang pertama.
- Untuk menghitung
rumus Total Bayar selanjutnya, silahkan copy format dengan cara drag pada
rumus yang sudah selesai dikerjakan kemudian tarik hingga kolom H15.
Tips :
Untuk melanjutkan mengisi kolom jumlah di bawahnya (kolom H7 dst), kita cukup
memblok cell yang telah berisi rumus operator perkalian, arahkan kursor ke
pojok kanan bawah cell/kolom. Tunggu hingga kursor berubah menjadi ikon (+).
Setelah itu, click dan tahan lalu drag/geser ke bawah. Dengan demikian, kita
telah meng-copy rumus tadi dan telah disesuaikan perubahannya untuk kolom yang
akan dikalikan lagi.
Mengenal Fungsi atau Rumus Microsoft Excel
Setelah
mengenal Tipe Data Microsoft Excel, dan bisa memulai
menggunakan aplikasi excel sekarang Kita coba bahas rumus excel yang
sering digunakan dalam dunia kerja atau administrasi perkantoran.
1.
Fungsi Average
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=AVERAGE(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya
adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi
nilai rata-rata dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah
=AVERAGE(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
2.
Fungsi Sum
Fungsi
SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range.
Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1, number2,…).
Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya
untuk menjumlahkan range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =SUM(E8:G8)
kemudian tekan tombol Enter.
3.
Fungsi Max
Fungsi
ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).
Bentuk umum penulisannya adalah ;
=MAX(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya
adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai
tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data E8
sampai G8, maka rumusnya adalah =MAX(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
4.
Fungsi Min
Fungsi
Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai
tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau
minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah
;
=MIN(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya
adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai
tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data
E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
5.
Fungsi Count
Fungsi
Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang
kita pilih. Bentuk umum penulisannya adalah ;
=COUNT(number1,
number2,…), dimana number1, number2, dan seterusnya
adalah range data (numerik) yang akan dihitung jumlah
datanya. Sebagai contoh untuk menghitung jmlah data dari range data
E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =COUNT(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.
6.
Fungsi Logika IF
Fungsi
ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya,
jika nilai sel A1=1, maka hasilnya 2, jika tidak, maka akan bernilai 0.
Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:
Lambang
Fungsi
= Sama
dengan
< Lebih
kecil dari
> Lebih
besar dari
<= Lebih
kecil atau sama dengan
>= Lebih
besar atau sama dengan
<> Tidak
sama dengan
Bentuk
umum penulisan fungsi ini adalah ;
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false),
artinya kalau ekspresi logika (logical_test) bernilai benar, maka
perintah pada value_if_true akan dilaksanakan, jika salah,
maka perintah pada value_if_false yang akan dilaksanakan.
Perhatikan contoh berikut:
Kolom
keterangan diisi dengan ketentuan, jika kolom TANDA sama dengan K, maka
keterangannya KAWIN, jika tidak, maka keterangan berisi TIDAK KAWIN. Ini dapat
diselesaikan dengan rumus =IF(C3=”K”, “KAWIN”,”TIDAK KAWIN”). Pada
rumus diatas Kita lihat bahwa jika datanya bertipe Teks/alpha numerik harus
diapit oleh tanda kutip dua, lain halnya dengan tipe data numerik, tidak boleh
menggunakan tanda kutip. Nah sekarang bagaimana jika ada beberapa
kondisi/bertingkat (IF Bertingkat) seperti pada kasus nilai mahasiswa. Tidak
perlu khawatir, langsung saja perhatikan gambar diatas pada tabel sebelah
kanan. =IF(H3>=81,"A",IF(H3>=66,"B",IF(H3>=56,"C",IF(H3>40,"D","E")))),
hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengisi kolom keterangan, dengan
ketentuan, Jika nilai hurufnya sama dengan “A” maka keterangan “SANGAT
MEMUASKAN, jika “B” maka “MEMUASKAN”, jika “C”, maka “CUKUP”, dan jika “D” maka
bernilai “KURANG”, selain dari itu, maka bernilai “GAGAL”.
Nah sekarang sudah
paham kan bagaimana cara menggunakan fungsi IF, sekarang langsung dipraktekkan
deh supaya tidak lupa. Semoga Tutorial Belajar Microsoft Excel kali ini bisa
membantu rekan-rekan sekalian,
sumber :Tutorial Belajar Microsoft Excel
0 Response to "Belajar Rumus Microsoft Excel Lengkap Dengan Contoh dan Gambar"
Post a Comment